Cara Mengurus Visa UK

UK VISA WP
Banyak yang bilang kalau mengurus visa ke UK ribet , lebih  ribet daripada Visa Schengen. Sebenarnya nggak juga sih, kalau kita mengikuti semua prosedurnya harusnya nggak ribet. Memang kita harus duduk-duduk cantik di rumah selama 2 sampai 3 minggu menunggu keputusan VISA kita diapprove  karena semua dokumen dikirim ke Bangkok, tapi nggak selama menunggu Bang Toyib kan :-).

Karena kemaren ada beberapa teman yang nanya-nanya via FB atau WA chat, maka di Sabtu yang cerah ceria benderang mempesona ini  saya membagi step step pengurusan VISA UK.

Sebelum membahas langkah langkah bagaimana mengurus VISA UK, yukk kita intip dulu VISA UK itu ada berapa jenis dan kenali VISA yang mana yang akan kita urus.

Departemen Imigrasi UK membagi VISA UK dalam 5 kategori, apa sajakah gerangan?

  • Visa Belajar
  • Visa Bekerja
  • Visa Berkunjung
  • Visa Transit
  • Visa Bergabung dengan Keluarga (ini untuk yang keluarganya tinggal permanent di UK)

Bagaimana cara mengurus VISA UK

1.  Isi aplikasi secara Online

Langkah Pertama yang teman-teman harus lakukan adalah mengisi aplikasi secara online,masa hari gini harus offline :-), dan memang tidak tersedia aplikasi Offline ya. Caranya gampang kok cukup masuk ke halaman VISA4UK untuk aplikasi online. Klik disini untuk masuk ke web Visa4UK.

Setelah teman-teman sukses membuat akun dan melakukan aplikasi online, teman-teman akan mendapatkan nomor pendaftaran pengurusan visa yang dikirim otomatis via email, atau biasa disebut nomor GWF. Nomor ini perlu dicatat untuk membuat appointment (langkah ke tiga).

2. Bayar Biaya Pengurusan Visa

Sebelum membuat appointment dengan pusat pengurusan VISA, teman-teman harus membayar biaya pengurusan VISA. Pembayaran ini juga dilakukan secara online dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit.  Untuk mengetahui berapa biaya yang harus dibayarkan dan bagaimana pembayarannya  silahkan masuk ke website Visa Application Fees atau klik disini.

Sekedar Informasi Bisaya Visa untuk general visitor/turis atau mengunjungi keluarga adalah USD 133 (untuk short term visa single/multiple entry for 6 months).

Untuk kuliah (VISA TIER 4) biayanya adalah £322 biaya aplikasi  plus £150 per tahun untuk biaya NHS (biaya kesehatan).

Misalnya

1. Joko mau kuliah master di Univ of Manchester dan kuliahnya sekitar 1 tahun tapi biasanya visanya adalah 1 tahun 2 bulan atau 1 tahun 4 bulan. maka Joko harus membayar biaya Visa sebesar £322 + £ 150 + £75 (biaya visa setengah tahun) = £547.

2. Wati mau kuliah PhD di UCL London dan kuliahnya 4 tahun dan visanya diberikan 4 tahun 8 bulan, maka Wati harus membayar visa £322 + 4 tahun X £150 + 1 X£150  (8 bulan dibulatkan ke 1 tahun, karena aturannya diatas 6 bulan biaya kesehatan dibulatkan ke 1 tahun dan dibawah enam bulan  biaya visa dibulatkan setengahnya 75) = £ 1072.

Biaya aplikasi yang sama berlaku juga untuk keluarga yang akan dibawa jika membawa keluarga.

Pada saat pembayaran online telah diterima, teman-teman  akan menerima konfirmasi melalui email dari penyedia / provider pembayaran VISA UK, WorldPay. Bukti pembayaran ini harus diprint untuk dibawa pada saat penyerahan dokumen di VFS.  Jika  ingin membatalkan atau menarik permohonan visa  dan menginginkan agar biaya visa  dikembalikan, teman-teman silahkan gunakan formulir permintaan pengembalian dana di website Visa Application Fees.

3. Membuat Appointment Pengurusan Visa dengan VFS (pusat pengurusan VISA)

Setalah teman-teman selesai melakukan aplikasi online dan membayar biaya pengurusan Visa, maka harus membuat janji/appointment dengan pusat pengurusan VISA yaitu VFS (bukan dengan kedutaan Inggris loh ya). Untuk membuat janji silahkan masuk ke website VFS global Indonesia atau klik disini

4. Datang Sesuai dengan Appointment yang sudah dibuat serta lengkapi dokumen

Setelah teman-teman membuat janji, penuhilah janji tersebut dengan membawa serta dokumen-dokumen yang di minta. Usahakan datang 15 menit sebelum waktu appointment teman-teman.  VFS Indonesia saat ini berkantor di

Kuningan City Mall, 2nd Floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 – Setiabudi, Kuningan
Jakarta – 12940, Indonesia

Apa saja sih dokumen yang harus dibawa?

VISA KUNJUNGAN/TURIS

Untuk setiap dokumen yang teman-teman  sediakan, teman-teman harus menyertakan dokumen asli dan sebuah fotokopi.

  • Aplikasi online yang sudah di print dan ditandatangani
  • Dokumen perjalanan atau paspor yang terbaru dan masih berlaku (paspor  harus berisi setidaknya 1 halaman kosong di kedua sisinya sehingga Imigrasi UK  bisa menempatkan visa ). Ingat SELURUH HALAMAN PASPOR HARUS DIFOTOKOPI terlebih dahulu, baik yang kosong maupun berisi, untuk menghindari antri fotokopi di kantor VFS (pssst..lagian murahan fotokopi di luarlaah :p )
  • Satu foto ukuran paspor berwarna yang memenuhi persyaratan pedoman foto VISA UK klik disini untuk melihat panduan Foto VISA UK
  • Paspor lama untuk memperlihatkan sejarah perjalanan
  • Bukti status pernikahan (untuk yang sudah menikah) . Termasuk surat pernikahan, surat kemitraan sipil (pernikahan pasangan sesama jenis), surat cerai, atau surat kematian
    => sepertinya ini untuk yang bepergian dengan suami/istri ATAU mengunjungi suami/istri yang sudah berada di Inggris.
  • Bukti pekerjaan atau studi saat ini
  • Rencana perjalanan, jika memilikinya.
  • Print Bukti pembayaran
  • Bukti akomodasi/booking hotel
  • Ticket pesawat/booking tiket pesawat dari maskapai
  • Bank statement untuk bukti ketersediaan budget selama di UK

Perlu diingat Jika teman-teman tidak menyediakan salinan / fotokopi untuk setiap dokumen, Imigrasi UK mungkin tidak akan mengembalikan dokumen asli teman-teman (info dari halaman ofisial imigrasi UK).

Jika mengunjungi teman di Inggris, dan akan tinggal bersama teman silahkan lengkapi dokumen berikut:

  • Surat dukungan/undangan dari teman atau sponsor  di Inggris
  • Bukti status keimigrasian mereka di Inggris, yang bisa berupa Scan/Foto Paspor dan VISA.

VISA BELAJAR/ TIER 4

  • Aplikasi online yang sudah di print dan ditandatangani
  • Dokumen perjalanan atau paspor yang terbaru dan masih berlaku (paspor  harus berisi setidaknya 1 halaman kosong di kedua sisinya sehingga Imigrasi UK  bisa menempatkan visa ). Ingat SELURUH HALAMAN PASPOR HARUS DIFOTOKOPI, baik yang kosong maupun berisi, untuk menghindari antri fotokopi di kantor VFS.
  • Satu foto ukuran paspor berwarna yang memenuhi persyaratan pedoman foto VISA UK, Klik disini untuk melihat panduan Foto VISA UK
  • Paspor lama untuk memperlihatkan sejarah perjalanan
  • IELTS/ TOEFL sertifikat
  • Letter of Offer dan  CAS/Confirmation of Acceptance for Studies Number dari Universitas yang akan dituju. (Mahasiswa untuk beberapa program study bidang science and engineering juga perlu Academic Technology Approval Scheme /ATAS certificate dari kampus tujuan mereka. Dalam surat CAS yang dikirim kampus akan ada keterangan apakah perlu ATAS atau tidak, kalau perlu harus minta/apply ATAS ke kampus yang dituju). Informasi mengenai ATAS bisa klik disini.
  • Sertifikat Test Tuber Colosis.  TB test untuk sementara ini yang diakui oleh UK imigrasi adalah TB test yang dikeluarkan oleh RS Premier Jatinegara, RS Premier Bintaro dan BIMC Hospital Kuta bali. Info lengkap Test TB bisa dilihat disini
  • Bukti akomodasi/booking hotel/ university hall
  • Ticket pesawat/booking tiket pesawat dari maskapai
  • Bank statement untuk menunjukan ketersediaan dana selama di UK, Untuk yang mendapatkan Beasiswa bisa diganti dengan Guarantee Letter atau sponsorship letters

Detail mengenai dokumen dan panduan untuk VISA Belajar atau TIER 4  Main applicant bisa dilihat disini. Panduan untuk Visa Dependant (anak/suami.sitri) TIER 4 bisa dilihat disini.

Jika mengirimkan dokumen yang tidak berbahasa Inggris atau Wales, dokumen tersebut harus disertai oleh terjemahan lengkap  oleh penterjemah tersumpah atau sworn translator.

Masing-masing dokumen terjemahan harus berisi:

  • konfirmasi dari penerjemah bahwa dokumen tersebut adalah terjemahan akurat dari dokumen asli;
  • tanggal penerjemahan;
  • nama lengkap penerjemah dan tanda tangan; dan
  • detail kontak penerjemah.

5. Menunggu Visa selesai dan Layanan Prioritas

Setelah aplikasi dimasukan silahkan duduk cantik untuk menunggu visa selesai, biasanya ini plus deg-degan, haha.

Ada beberapa visa yang bisa menggunakan layanan prioritas dan premium diantaranya adalah VISA KUNJUNGAN BISNIS dan VISA BELAJAR, TIDAK BERLAKU untuk VISA TURIS. Tapi bayarnya lumayan mahal booo Rp 2.000.000 per aplikan, biasanya selesai dalam waktu 3 hari, dengan catatan bukan saat periode puncak orang-orang mengurus visa/peak season. Kalau pas peak, bisa-bisa visa layanan prioritas selesai dalam waktu seminggu atau lebih.

6. Mengambil kembali dokumen di VFS

Setelah pengurusan VISA selesai dalam waktu +/- 3 minggu teman-teman akan mendapatkan email kalau dokumen sudah bisa diambil di kantor VFS.

Nah begitulah kira-kira cara mengurus VISA UK, nggak ribet kan? 🙂 Buat yang mau ke UK selamat mengurus VISA UK ya semoga teman-teman di terima aplikasinya.Jika ada yang mau ditanyakan atau jika artikel ini dirasa bermanfaat mohon tinggalkan komen di kotak komen dibawah ini. Jika urgent, bisa hubungi saya di sini.

Note: Maaf, informasi yang ditulis di atas khusus untuk pengurusan visa kunjungan dan visa belajar saja, untuk jenis visa lainnya, bisa cek sendiri di web imigrasi UK ya..tautannya ada di bawah 🙂 🙂

Referensi

  1. Pengalaman sendiri
  2. Panduan Pengurusan VISA UK dari UK Imigrasi UK, klik disini untuk berkunjung ke websitenya

118 thoughts on “Cara Mengurus Visa UK

  1. Halo mba…
    Minta tlg informasinya ya..
    Jika yg akan brgkt, anak yg blm berusia 18 thn ( akan berlibur bersama tante nya ), apakah kedua org tua nya hra hadir pd saat apppitment nya.
    Dan apakah jg harus tdtgn di apl. Form nya, bgmn bila salah satu org tua nya tdk ada di tempat ( tugas di luar negri )
    Trm ksh sebelum nya ya….

    Like

  2. Mba…saya mau tanya utk apply visa student. Boleh minta emailnya karena ada beberapa yang ingin saya tanyakan..mohon bantuannya terima kasih. 🙂

    Like

    1. Mba saya mau aupair di UK. Trus saya mau apply visa student. Saya dapat info klo tabungan saya harus ada 9.135 poundsterling. Apakah bank reference bisa diganti dg letter of guarantee aja dari host family di UK? dokumen apa saja yg perlu? dpt info klo Biaya visa 469USD dan IHS 420USD?Mohon sangat bantuan nya… Terima kasih banyak 🙂

      Like

      1. Saya belum keterima, masih cari cari kampus UK. Kata host family saya dy besedia ngebiayain nya…Saya jg agak takut mba karena org indonedia ga bisa aupair di UK. Dan info masihnya sedikit..jd saran mba gmn? Mohon bantuannya..

        Like

      2. Sepanjang pengetahuan saya, sperti di atas org Indo gak bisa aupair di UK. Adapun mereka yg kerja jadi asisten RT biasanya bawaan dr negara lain. Satu2nya cara mba apply jadi mahasiswa, otomatis datang dgn visa student sbg student dan bener2 kuliah. Lalu klo mau kerja part time ya silakan (tp di aturan visa jamnya sangat terbatas, klo gak salah inget cuma boleh 10jam per minggu, sblmnya masih bs 20jam)

        Like

  3. Halo Mbak, makasih banyak sharing2nya, bermanfaat banget! 😀
    mbak aku mau tanya
    aku berencana mengurus visa UK untuk bulan juli 2018 nanti untuk menghadiri konferensi, dimana untuk penginapan dan makan sudah ditanggung panitia sedangkan biaya lainnya tidak spt tiket pesawat dan pembuatan visa. Statusku masih mahasiswa dan aku berencana untuk disponsori oleh Tanteku sbg waliku selama aku kuliah.
    pertanyaannya:

    1. Pofesi tanteku adalah wiraswasta (usaha kos-kosan dan saldo di bank nya sdh mencukupi sbg jaminanku), apakah surat keterangan berusaha dari RT/RW sudah cukup ya mbak? karena kos-kosan ndak ada SIUP nya mbak
    dan apakah nanti aku harus melampirkan foto rumah dan kos-kosannya?
    2. durasi aku mengajukan visa hingga tanggal keberangkatan sudah tinggal 20 hari mbak, apakah masih memungkinkan untuk menggunakan layanan visa reguler mbak?
    3. aku jg berencana melampirkan rekeningku, ada pemasukan rutn setiap bulan yg agak besar karena aku bekerja part time namun nominalnya hanya sekitar 6 jt an tapi selalu kosong kalau di akhri bulan karena untuk keperluan bayar kos dll. apakah aku harus menceritakan darimana asal itu mbak?
    4. nah yang terakhir, travel history ku kosong melompong karena memng belum pernah ke LN sama sekali, menurut mbak, apakah itu berpengaruh ya?

    Terimakasih banyak ya mbak 🙂

    Like

  4. Thanks for some other great article. The place else may anybody get that
    kind of information in such an ideal approach
    of writing? I have a presentation next week, and
    I am on the look for such information.

    Like

Jika artikel ini bermanfaat atau ada hal yang mau ditanyakan silahkan tinggalkan komen disini