Tips Mencari Akomodasi di UK (khususnya Manchester)

Mortgage-guide-image-2.png
Memilih akomodasi yang cocok dengan hati (dan budget) untuk mahasiswa baru akan datang ke Manchester baik single atau yang membawa serta keluarga terkadang menjadi perkara yang tak mudah. Hal ini biasanya dikarenakan keterbatasan informasi tentang kondisi rumah dan lingkungannya juga ketersediaan rumah yang biasanya tak banyak di waktu-waktu awal masa perkuliahan.
Sama halnya ketika kami datang ke Manchester 4 tahun silam (et dah, lama juga :p). Saat itu belum ada yang namanya “buddy program” seperti yang sudah digagas oleh teman-teman Ppi Greater Manchester . Satu-satunya cara adalah mencari-cari sendiri informasi di google dan sosmed seperti facebook (sambil berdoa dan berharap ketemu orang Indonesia yang sudah tinggal di Manchester). Beruntung kami bisa kenal dengan seorang teman di FB yang memberikan banyak sekali input sewaktu kami masih di Indonesia. Singkat cerita, sesuai saran beliau, urusan akomodasi baru kami eksekusi setelah sampai di Manchester dan mendapat tumpangan kurang lebih 10hari di rumah beliau. ( Om Hayat, jasamu tiada tara!Perlu banget dimention, hehe)
Di UK, sistem penyewaan rumah umumnya diurus pihak ketiga yaitu “Letting Agent”. Agent akan menjadi penyambung segala urusan antara penyewa/tenant dan pemilik rumah (landlord). Ada juga landlord yang menyewakan sendiri ( tanpa perantara agent), tapi biasanya tidak banyak. Berikut beberapa nama agent yang biasa dipakai mahasiswa di Manchester.
Nama-nama lain bisa langsung di google ya.
Pihak agent tersebut biasanya mengiklankan properti yang mereka sewakan di website-website berikut:
Kapan waktunya mencari akomodasi?
Ada dua pilihan, pilihan pertama bisa mencari akomodasi ketika masih di Indonesia. Pilihan kedua bisa juga mencari setelah sampai di Manchester. Untuk sementara, jika punya kenalan/teman mungkin bisa menumpang ( dengan catatan temannya tidak keberatan) atau kalau mau aman nyaman, bisa mencari penginapan terjangkau dengan memanfaatkan informasi dari airbnb dan web directory akomodasi lainnya. Oh ya, biasanya ada juga teman-teman Indonesiayang menyewakan kamar dengan harga bersahabat sesama mahasiswa untuk short term 1-2 minggu.
Step by Step Mencari Rumah
1. Buka web directory property yang akan disewakan, biar nggak bingung cukup buka rightmove.co.uk dan zoopla.co.uk. Masukkan kode pos kampus dan cari rumah dalam lingkup 1 miles, dan cari yang fully furnished ( jadi tinggal masuk bawa badan dan koper 🙂
2. Setelah mendapatkan alternatif properti yang akan disewa, kontaklah agent dan buat janji untuk melakukan viewing. Kalau masih di Indonesia carilah teman yang bisa membantu viewing atau bisa juga minta bantuan sama buddy teman-teman (ada program PPI UK/ PPI GM Buddy).
Takut ga enak? Gak usah khawatir. InsyaAllah kalau untuk viewing 2-3 akomodasi, teman-teman di Manchester juga tidak akan keberatan, asalkan yakin sama yang diberi amanah dan gak pakai komplain di kemudian hari hehe.
3. Kalau ada yang sreg langsung saja bayar deposit. Mencari rumah yang available untuk bulan Agustus dan September susah-susah gampang karena itu adalah bulan-bulan peak dan hampir semua international students sedang mencari akomodasi. Dari pengalaman kami mengantar teman-teman yang viewing rumah, beberapa orang gagal mendapat rumah yang diinginkan karena kelamaan mikir dan terlalu banyak pertimbangan.
Ingat! Dalam bulan ini biasanya setiap hari akan ada 4-5 calon tenant yang akan melihat rumah yang sama, kalau telat ya wassalam rumah akan disikat calon tenant lainnya.
Berapa sih kisaran sewa properti?
Untuk yang single dan mau tinggal di akomodasi kampus ataupun student accommodation yang dikelola swasta, rata rata kisaran sewanya adalah £90 sd £ 150 per minggu.
Untuk yang berkeluarga, rata-rata sewa flat/rumah per bulan adalah
Studio: £400-500
1 bedroom: £450 – 550
2 bedroom £500- 700
3 bedroom £ 600- 800
Beberapa pertimbangan dalam menentukan lokasi rumah
1. Cari rumah yang lokasinya dekat dengan kampus. Untuk yang kuliah di University of Manchester (UoM) bisa cari di daerah Hulme, Ardwick, Rusholme dan Fallowfield. Untuk yang kuliah di Salford bisa cari di daerah sekitar Cheethamhill. (fyi saat ini kebanyakan mahasiswa Indonesia yang berkeluarga tinggal di daerah Rusholme dan sekitarnya)
2. Cari rumah yang dekat dengan komunitas Indonesia.
Kami sendiri merasakan banyak manfaatnya tinggal dekat dengan keluarga Indonesia, selain bisa mengobati homesick, support di kala ada hal emergency terasa begitu berarti semisal ada yang melahirkan, sakit, dan sebagainya.
3. Cari rumah yang dekat dengan sekolah anak, halte bus, rumah ibadah, tempat makan, supermarket dan groceries halal (khususnya muslim) serta dekat juga dengan dokter keluarga/puskesmas atau disini biasa disebut GP. Kenapa ini penting? Karena sehari-hari Bapak/Ibu nantinya harus banyak berjalan kaki untuk antar jemput anak, belanja, dll, hehe.
TIPS IRIT buat yang budget/beasiswa terbatas dan gak ada masalah dengan hidup berbagi :p
Jika teman-teman masih single/berstatus single lokal, bisa cari sewa rumah barengan, dijamin lebih murah. Cari teman tiga atau empat orang lalu sewa satu rumah seperti ngontrak rumah bareng waktu kuliah di Indonesia dulu (ini sih saya :p ). Atau cari info kamar yang disewakan oleh orang Indonesia yang ngontrak rumah alias nge-kost sama orang Indonesia 🙂 Nah buat yang family juga bisa share dengan teman yang masih single/tidak membawa keluarga.
Sekian dulu tips dan sharingnya ya. Jika ada input/masukan silakan ya, nanti kami update.
Feel free to ask/share.

/Media- pojokan Santiago 19 Mei 2016

 
 

4 thoughts on “Tips Mencari Akomodasi di UK (khususnya Manchester)

  1. So helpful!
    Mbak saya insyaallah mulai intake september ini dan kebetulan sedang cari housing?
    Mbak bisa bantu?

    Like

  2. Selamat siang mba Media, terima kasih atas infomrasinya. Secara tidak sengaja saya menemukan artikel ini dan saat ini saya sedang mempersiapkan diri untuk membawa keluarga ke Manchester, insya Allah untuk september 2023 mendatang. Apabila berkenan bolehkah saya kontak mba Media lewat WA atau instagram untuk bertanya soal housing lebih lanjut? terima kasih

    Like

Jika artikel ini bermanfaat atau ada hal yang mau ditanyakan silahkan tinggalkan komen disini